10 Macam Cara Memperbanyak ASI Dengan Cara Alami

ASI yang terbukti secara alami sangat amat berperan penting dalam proses tumbuh kembang sang buah hati tercinta. ASI juga adalah makanan utama untuk sang buah hati yang dinilai paling aman dan sehat untuk sang buah hati. Di sini sangat dianjurkan bagi para ibu yang untuk menyusuinya buah hatinya kurang lebih 30 menit setelah sang bayi selesai dilahirkan di dunia. Penelitian para ahli benar-benar menganjurkan bahwa sang bayi wajib diberi minum ASI setidaknya 6 bulan lamanya pasca kelahiran, karena itu akan membantu sang bayi untuk membangun sistem imun tubuh yang bagus, serta nantinya sang buah hati bisa memiliki kecerdasan yang baik pula nantinya.

Sekedar info, ternyata masih banyak ibu-bu di Indonesia yang masih memakai cara-cara yang tradisional untuk membantu memperlancar ASI mereka. Salah satunya adalah dengan memakai daun-daun jamu untuk kemudian dimasak menjadi olahan makanan ataupun minuman tradisional. Adapun banyak sekali manfaat penting ASI bagi bayi anda adalah :

  • Menyediakan semua kebutuhan nutrisi yang sangat diperlukan untuk pertumbuhan sang bayi, khususnya di usia 6 bulan pertamanya
  • Mencegah sang bayi untuk terkena infeksi beragam virus dan gangguan alergi. Karena bayi yang diberi ASI terbukti memang memiliki kekebalan tubuh yang sangat baik
  • Adanya kandungan oksitoksin di dalam ASI yang dapat membuat bayi bisa lebih tenang, dan tidak mudah tidak gelisah
  • Membantu perkembangan otak sang bayi. Riset menjawab bahwa bayi yang rutin diberi ASI memiliki IQ 6 poin lebih tinggi dibanding dengan bayi  yang tidak diberi ASI
  • Dapat mencegah risiko terkena diare dan susah buang air besar. Ini disebabkan karena ASI mudah untuk dicerna dan ramah bagi sistem pencernaan sang bayi yang cenderung masih sensitif dan rapuh
  • Mencegah resiko terkena diabetes dan resiko obesitas
  • Mencegah sang bayi untuk terkena resiko Sudden Infant Death Syndrom. Merupakan kasus kematian secara mendadak yang rentan terjadi pada bayi yang berusia kurang dari satu tahun.
  • ASI itu dijamin aman, bersih, tanpa bahan kimia berbahaya, tidak mengandung gula yang jahat, serta selalu tersedia secara fresh kapanpun dan dimanapun eksklusif bagi sang bayi
  • Selain ASI sehat, ASI juga GRATIS. Di mana harga susu formula saat ini sudah terbilang sangat mahal. Dengan menyusui, sang ibu juga bisa menabung uangnya untuk digunakan memenuhi kebutuhan bayi lainnya.
  • ASI akan selalu tersedia kapanpun dibutuhkan, serta dapat menghemat waktu sang ibu. Sang ibu tidak perlu ribet dalam menyiapkan botol susu untuk si bayi
  • Menekan resiko sang ibu untuk terkena kanker payudara, penyakit jantung, dan bahaya kanker rahim
  • Memberi ASI secara rutin terbukti ampuh untuk menurunkan berat badan para ibu pasca masa kehamilan
  • Bisa membentuk rahim untuk kembali ke bentuk seperti semula
  • Memberikan ikatan emosional yang kuat antara ibu dan sang bayi

Ketika payudara sang ibu dalam keadaan kosong, hal ini akan memberitahu tubuh sang ibu untuk segera memproduksi lebih banyak asi lagi. Demikian pula saat payudara sang ibu dalam keadaan penuh, maka tubuh akan memberi sinyal untuk segera mengurangi produksi air susunya. Perlu anda ketahui bahwa mengosongkan payudara sesering mungkin, apalagi selagi masih dalam tahap awal menyusui, itu akan membantu anda untuk memastikan bahwa kelenjar di dalam payudara anda memiliki produktifitas asi dengan kualitas yang baik.

Berikut 10 macam cara memperbanyak ASI secara alami :

  1. Sering-seringlah anda para ibu untuk melakukan kegiatan menyusui, karena itu adalah kunci paling penting dalam upaya meningkatkan produktifitasasianda. Produksi asi akan lebih lancar apabila payudara yang berperan sebagai pabrik asi secara konstan terus-menerus dirangsang kinerjanya. Tingkatkan frekuensi kegiatan menyusui anda selama kurang lebih 72 jam pertama setelah proses bersalin. Semakin sering puting anda terbiasa dengan isapan sang bayi, maka niscaya produksi asi juga akan semakin meningkat dengan alamiah.
  2. Sebisa mungkin anda kosongkan kedua payudara anda di saat anda dalam menyusui. Pastikan sang bayi menyusu cukup lama, dengan tujuan untuk mengosongkan isi dari kedua payudara tercinta anda.
  3. Janganlah andamenjadwalkan kegiatan menyusuianda. Anda bisa mnyusui bayi kesayangan anda kapanpun dan dimanapun anda mau dan memerlukannya.
  4. 4. Biarkanlah bayi lucu anda untuk bisa menikmaticluster feedatau meminum asi secara terus-menerus dan sesering mungkin. Karena ada kemungkinan besar sang bayi sedang dalam masa growth spurt dan sangat memerlukan asupan asi yang melimpah.
  5. Cobalah untuk menyusui secara bergantian. apabila anda sudah mulai bosan menyusui dengan menggunakan puting payudara sebelah kiri, maka anda bisa menawarkan puting payudara anda yang sebelah kanan.
  6. Pijatlah payudara anda di saat sang bayi lucu sedang malas menghisapasi. Sang ibu pun bisa melakukan aktifitas memijat pada payudaranya, guna meneruskan aliranasi saat sang bayi enggan minum sendiri. Janganlah sekali-kali mencuci puting setelah anda melakukan kegiatan menyusui, karena itu hanya akan mengakibatkan puting tersayang anda menjadi kering dan rentan terkena iritasi. Asi sudah banyak mengandung banyak zat dan elemen guna mencegah adanya bakteri atau jamur yang hendak tumbuh, dan juga telah mengandung banyak sekali zat pelindung alami untuk sang ibu dan sang bayi.
  7. Susuilah sang bayi di malam hari juga. Kadangkala sang bayi akan tidur terus tanpa terbangun sedikitpun. Maka, di malam hari, usahakanlah untuk bangun dan segeralah untuk menyusui sang buah hati tercinta.
  8. Pompalahasianda setelah selesai melakukan kegiatan menyusui, terutama jika anda sedang merasa payudara anda belum kosong. Bila anda adalah seorang ibu yang bekerja, cobalah untuk memompa asi setiap 15 menit sekali di saat anda sedang bekerja. Gunakanlah pompa yang memang bisa memompa dua payudara anda sekaligus, ini akan lebih memicu produksi asi jika dibandingkan dengan memompanya secara bergantian.
  9. Ciptakanlah kontak fisik atau kulit dengan sang bayi. Misalnya dengan membelainya dan juga bisa mengajaknya berbincang. Hal semacam ini juga akan memicu terpacunya hormon oksitosin atau hormon cinta untuk meningkatkan produktifitasasianda.

Anjuran sehat untuk para ibu agar bisa menjaga jumlah ASI :

  1. Pastikanlah sang ibu tidak kurang dalam konsumsi air putih. Tubuh sang ibu tentunya akan mengalami kesulitan dalam memproduksi ASI, jika konsumsi air putih kurang diperhatikan
  2. Wajib menjaga pola makan yang sehat dan disiplin. Maka, perbanyaklah makan sayur-sayuran serta buah-buahan. Seperti bayam, buah beet, buah pepaya, dan buah-buahan lainnya yang memang terbukti dapat meningkatkan produksi ASI anda. Mengkonsumsi makanan yang kaya kandungan protein, seperi kacang-kacangan, susu, ikan, juga akan sangat membantu para ibu dalam memproduksi ASI
  3. Sebisa mungkin hindari stress, berpikir berat, dan istirahatlah cukup
  4. Dengan anda menyusui lebih sering, maka produksi ASI anda secara otomatis juga akan kian meningkat